photo tumblr_mc3zctVOZl1r3gb3zo2_400.gif

Sunday 12 January 2014

ADAB- ADAB TIDUR

thelastera.blogspot.com, adab tidur nabi, muhammad, islam
Tidur bagi manusia merupakan saat yang sangat penting, karena pada ssat tidur itu kita meng-istirahatkan sebagian organ-organ tubuh yang telah lelah bekerja seharian dan membiarkan organ tubuh yang lain bekerja. Menurut ilmu kedokteran, hati manusia hanya akan bekerja maksimal dalam menetralisir racun-racun yang masuk ke tubuh pada saat manusia itu tidur. Pada anak-anak, pertumbuhan mereka akan lebih cepat pada saat mereka tertidur. Tidur ideal bagi manusia minimal delapan jam dalam sehari semalam.

Semua makhluk memerlukan istirahat sesiap harinya, tumbuhan, hewan, jin dan sebagainya termasuk manusia. Namun bagi seorang muslim sebaik-baik tidur adalah sebagaimana tidur yang di contohkan oleh Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasalam, karena di dalam sunnah terdapat kejayaan. 

Namun bukanlah itu yang menjadi tujuan pokok seorang muslim sejati melainkan mengikuti sunnah semata-mata untuk membuktikan rasa cintanya kepada Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasalam demi mengharap Ridho Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Faidah lain mengikuti sunnah adalah, agar bagaimana masa kita tidur yang mengikuti tata cara Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasalam seolah-olah kita sedang melakukan ibadah, Namun pentingkah? Dalam beberapa penelitian dan perhitungan yang telah di lakukan banyak orang termasuk admin sendiri, seorang manusia yang usia hidupnya 70 tahun katakanlah selama hidup rata-rata dia telah tidur sekitar 8 jam per harinya, maka selama hidupnya berarti dia telah tidur selama 23 tahun, belum lagi untuk aktifitas lainnya. maka tidak akan kita dapati kecuali hanya sedikit sekali waktu kita untuk ibadah.

Sunnah-sunnah Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasalam dalam urusan tidur :

1. Rasulullah SAW senantiasa berwudhu sebelum pergi tidur.

2. Di sunnah kan menuliskan wasiat dan seluruh hutang piutang kita sebelum tidur, karena kita tidak pernah tahu apakah Allah SWT akan memanggil kita pada saat kita tertidur atau tidak.

3. Di sunnah kan juga bagi suami isteri untuk saling meminta maaf sebelum tidur.

4. Sebaiknya tidur adalah setelah selesai sholat 'Isya, tidak terlalu cepat dan tidak terlalu larut, agar kita dapat bangun untuk sholat tahajud.

5. Sebelum naik ke tempat tidur, kibaskanlah tempat tidur dengan sehelai kain sambil membaca "La Haula Wa La Quwwata Illa Billah", diulang sampai 3 kali, ini bertujuan agar kita terlepas dari dosa kelalaian karena telah membuat makhluk-makhluk kecil seperti semut dsb mati karena tertindih badan kita.

6. Sebelum tidur, di sunnahkan untuk ber "muhasabah", atau instropeksi diri dengan mengingat-ingat kembali apa saja yang telah kita lakukan mulai dari bangun pagi kemarin sampai saat kita hendak tidur lagi, lalu kita hitung-hitung lebih banyak mana antara dosa dan kebaikan, kemudian berniat dalam hati untuk berbuat lebih banyak kebaikan lagi jika Allah SWT masih membangunkan kita esok pagi.

7. Sebelum tidur, kita juga di anjurkan untuk membaca do'a berikut :
 
ﺑﺎﺳﻤﻚاﻟﻠﻬﻢاﺣﻴﺎوأﻣﻮت
   
Artinya : Dengan nama-Mu ya Allah Aku Hidup dan Aku Mati.


8. Di sunnahkan membaca ayat kursi, dua ayat terakhir dari surat Al-Baqarah, empat Qul (surat al-kafirun, al-falaq, an-nas, al-ikhlas).


9. Rasulullah SAW tidur dengan posisi tubuh miring/menghadap ke kanan, tangan kiri dibawah kepala, tangan kanan diluruskan di atas badan, lutut di tengkuk hingga jika dilihat oleh orang yang berdiri, posisi itu akan terlihat seperti lafadz ﳏﻤﺪ

10. Posisi tidur ke dua yang di sunnahkan adalah tidur terlentang, kedua tangan di lipat di atas perut, kedua kaki lurus, dan di larang tidur telungkup / tengkurap karena itu adalah posisi tidurnya iblis dan syaitan la'natullah 'alaih.

11. Dua orang muslim atau muslimah yang tidur diranjang yang sama, mereka dilarang menggunakan satu selimut untuk berdua. Tapi di sunnahkan menggunakan satu selimut bagi pasangan suami isteri.

12. Setelah bangun tidur, kita juga di anjurkan untuk membaca do'a :


اﳊﻤﺪﻟﻠﻪاﻟﺬی اﺣﻴﻨاﺑﻌﺪﻣا أﻣا ﺗﻨاوإﻟﻴﻪاﻟﻨﺸﻮر

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami, dan kepada-Nya lah kami di kembalikan".

Demikian beberapa adab-adab sebelum tidur yang di contohkan oleh Rasulullah SAW, sebenarnya masih banyak lagi adab-adab tidur yang lain yang belum penulis ketahui, jadi silahkan kepada saudara yang mengetahui selebihnya untuk membagi ilmunya kepada kami.

No comments:

Post a Comment

Masukan Email Anda :

Layanan ini dipersembahkan oleh : FeedBurner

Referral Banners
make cash