photo tumblr_mc3zctVOZl1r3gb3zo2_400.gif

Sunday 12 January 2014

Bolehkah Berhubungan Intim Di Bulan Ramadhan?

Sex, Seks, Hubungan Intim, Hubungan Suami Isteri, Islam, Fiqih, Hukum Islam
Ramadhan adalah bulan yang mulia bagi umat Islam diseluruh dunia. Dalam bulan yang suci dan mulia ini banyak kaum muslimin berlomba-lomba untuk mencari pahala sebanyak mungkin. Selain puasa menahan diri dari makan dan minum, bagi pasangan suami-istri juga harus dapat menahan nafsu seks atau aktivitas seksual pada siang hari, terutama bagi wanita tak sedikit yang menahannya dengan alasan tidak ingin menodai bulan Ramadan, dan ingin sepenuhnya beribadah atau kelelahan menyiapkan makan untuk berbuka dan sahur.

Seperti yang Anda ketahui bahwa bulan Ramadhan adalah bulan yang suci. Akan tetapi Allah tidak semata-mata mengharamkan hubungan suami-istri. Berhubungan badan pada saat bulan ramadhan ada pengecualiaannya, yaitu harus dilakukan pada malam hari dan dilakukan oleh pasangan yang telah menikah yang sah secara agama dan hukum.

Dasar hukum dari penjelasan di atas adalah dalam firman Allah SWT dalam Surat Al-Baqarah ayat 187:

 أُحِلَّ لَكُمْ لَيْلَةَ الصِّيَامِ الرَّفَثُ إِلَى نِسَائِكُمْ هُنَّ لِبَاسُُ لَّكُمْ وَأَنتُمْ لِبَاسُُ لَّهُنَّ عَلِمَ اللهُ أَنَّكُمْ كُنتُمْ تَخْتَانُونَ أَنفُسَكُمْ فَتَابَ عَلَيْكُمْ وَعَفَا عَنكُمْ


Artinya: “Dihalalkan bagi kamu pada malam hari bulan puasa bercampur dengan istri-istri kamu; mereka itu adalah pakaian bagimu dan kamupun adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwasanya kamu tidak dapat menahan nafsumu, karena itu Allah SWT mengampuni kamu dan memberi maaf kepadamu.”



Dari firman Allah diatas, dijelaskan tidak ada larangan untuk melakukan hubungan suami istri pada bulan suci ini. Akan tetapi pada dasarnya bulan puasa bukan halangan untuk melakukan seks dan di bulan Ramadan ini bukan berarti pasangan suami istri juga harus berpuasa dari seks. Namun yang perlu diingat agar tidak melakukannya di siang hari.

No comments:

Post a Comment

Masukan Email Anda :

Layanan ini dipersembahkan oleh : FeedBurner

Referral Banners
make cash